Khamis, 17 Februari 2011

TEKNIK BERMAIN FUTSAL

Dalam futsal ada beberapa elemen dasar yang harus difahami ketika bermain futsal, secara umum, tidak berbeza jauh dengan bermain sepak bola konvensional. Namun ada beberapa yang perlu dilakukakan. Berikut teknik-teknik dasar dalam futsal yang  harus di kuasai oleh setiap pemain futsal:


1. Kontrol Bola
Teknik mengontrol bola dalam permainan futsal dapat dilakukan dengan menggunakan kaki dalam, kaki luar dan telapak kaki sebelah depan memanfaatkan penggunaan kasut. Teknik mengontrol bola dengan kasut dalam futsal sangat penting sehingga harus dikuasai oleh setiap pemain.


2. Passing/Pengumpan
Permainan boleh dilakukan dengan menggunakan pelbagai sisi kaki. mau memakai kaki dalam, kaki luar, hujung kaki, tumit, atau sisi bawah. Namun yang paling baik adalah menggunakan kaki dalam dengan arah mendatar. teknik ini memiliki akurasi paling baikdi banding yang lainnya. Termasuk umpanan panjang yang menyusur padang dan juga yang paling penting ketepatan passing bola pada kawan.


Bermain Futsal tidak jauh berzeda dengan bermain bolaSepak pada umumnya, yang penting kekuatan stamina, mental dan strategi. Ada sedikit perbezaan sedikit di dalam hal strategi permainan dan  serangan.
Pola permainan dalam Futsal banyak didominasi permainan kaki ke kaki, maksudnya strategi dalam bertahan, maupun menyerang lebih banyak dilakukan dengan umpanan pendek, berdasarkan ukuran padang ang lebih kecil dibanding bolasepak. Dengan pola seperti ini skill dan susunan pemain terutama dalam mengawal bola, mengumpan, menjaga pertahanan dan menyerang ke kawasan lawan sangat diperlukan.
Didalam Futsal jarang sekali diterapkan umpanan panjang, strategi ini hanya membuang tenaga, disamping itu juga tidak mencerminkan permainan yang baik dan ingin dilihat . Namun demikian, bukannya hal tersebut dilarang atau tidak disarankan, terpulang kepada individu sendiri. Terciptanya pola permainan yang cantik menerusi umpanan yang pendek dan tepat

1. Penguasaan terhadap bola.
Untuk melatih penguasaan bola tahap pertama adalah dengan memfokuskan pada kekuatan dan kelincahan dalam pergerakan kaki,   pemanasan badan sangat diperlukan, lakukan bersekali dengan dribling untuk menyelaraskan pergerakan kaki dan arah bola, boleh dilakukan dengan variasi zig-zag.


2. Komposisi Pemain.
Untuk membentuk tim yang bagus,  skill tiap-tiap pemain dalam hal penguasaan bola harus dilihat, pengaturan serangan dan menyerang. Tempatkan pemain yang memiliki model pergerakan kaki yang rapat sebagai pemain bertahan, rapat di sini maksudnya model pergerakan kakinya yang tidak terlalu panjang, perkara ini lebih berguna untuk menahan laju pergerakan bola lawan, dan sebaliknya,  pemain dengan pergerakan panjang lebih dimanfaatkan sebagai penyerang.



Untuk pemain tengah diperlukan pemain yang memiliki kemampuan mengatur serangan dan yang lebih diutamakan adalah kemampuan stamina yang paling tinggi, dimana posisinya memerlukan pemain melakukan penyerangan dan bertahan


3. Teknik dan Pola Permainan.

Jumlah pemain Futsal bisa dilakukan 5 atau 6 orang termasuk penjaga gawang. Penempatan posisi pemain berdasarkan karekter dan gaya permainan masing-masing  akan lebih menyeimbangkan pola dalam bertahan maupun menyerang,  posisi yang bisa diterapkan sebagai berikut.
Jumlah pemain 5 orang :
Pola 1-2-2

Tiada ulasan: